Keutamaan Bersedekah

Keutamaan Bersedekah

Bersedekah merupakan perbuatan yang dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ dan para sahabat. Secara matematis, dengan bersedekah harta akan berkurang. Namun tidak seperti itu perhitungan Allah. Bersedekah tidak akan mengurangi harta, bahkan dengan bersedekah / berinfaq, harta yang kita miliki akan bertambah keberkahannya.

Keutamaan Bersedekah

  1. Sedekah menghindarkan dari kekurangan.
  2. Sedekah menambah harta bagi yang bersedekah

Keutamaan Bersedekah

 

  1. Sedekah menghindarkan dari kekurangan.

Allah SWT dalam Hadits Qudsi berfirman, bahwa Allah Yang Maha Kaya akan mengganti infaq / sedekah yang dilakukan oleh anak Adam. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim, sbb :

dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda: “Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, berinfaklah kamu niscaya Aku akan memberikan ganti kepadamu.”” (HR Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ اللّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

Alangkah indahnya balasan bagi orang yang berinfaq. Allah Dzat Yang Maha Kaya telah berjanji akan memberi ganti atas infaq yang kita keluarkan. Jika seorang hamba bersedekah sesuai dengan kemampuanya, maka Dzat Yang Maha Memiliki perbendaharaan langit dan bumi serta kerajaan segala sesuatu, akan memberi infak (rizki) kepada kita sesuai dengan keagungan, kemuliaan dan kekuasanNya.

Dan Allah berfirman dalam Surat Saba ayat 39, yang artinya :

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Dialah yang akan menggantinya. Dan Dia-lah sebaik-baik Pemberi rezeki” (QS. Saba : 39)

Dalam hadits lain, Rasulullah ﷺ bersabda :

“Pemberian Allah selalu cukup, dan tidak pernah berkurang walaupun mengalir siang dan malam”.

Allah SWT yang akan menggantikan sedekah / infaq yang kita keluarkan. Dan pemberian Allah selalu cukup, karena Allah SWT Maha Kaya, Maha Pemurah dan Maha Pemberi Rezeki.

 

2. Sedekah menambah harta bagi yang bersedekah.

Harta akan berkurang dengan bersedekah ? Ternyata sama sekali tidak. Yakinlahhh…. Karena Rasulullah ﷺ bersabda :

عن أبي هُريرة رضيَ اللَّهُ عنه أَنَّ رسولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال :  مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ ، وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزّاً ، وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ للَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وجلَّ

Dari Abu Hurairah r.a. bahawasanya Rasulullah bersabda: “Tidaklah sesuatu pemberian sedekah itu mengurangi banyaknya harta. Tidaklah Allah itu menambahkan seseorang akan sifat pengampunannya, melainkan ia akan bertambah pula kemuliaannya. Juga tidaklah seseorang itu merendahkan diri kerana mengharapkan keredhaan Allah, melainkan ia akan diangkat pula darjatnya oleh Allah ‘Azzawajalla. (HR Muslim)

Sedekah tidk mengurangi banyaknya harta. Orang yang memberikan sedekah / infaq akan ditambahkan kemuliaannya oleh Allah SWT.

Jadi mari kita biasakan bersedekah, meski hanya sedikit, kita lakukan setiap hari dan rutin. Karena “Amalan yang paling dicintai Allah SWT adalah amalan yang rutin dilakukan meskipun sedikit” (HR. Bukhari Muslim).

ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *