BAB: ALLAH MEMAAFKAN SUARA HATI SELAMA BELUM DIBICARAKAN ATAU DILAKSANAKAN

79. Abu Hurairah r.a. berkata:  Nabi saw. bersabda:  Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku, apa-apa yang masih tergerak dalam hati selama belum dibicarakan atau dilaksanakan (dikerjakan). (Bukhari, Muslim)

ads

Comments

  1. yulia purbasari says:

    sungguh Allah Maha Pemaaf…..

  2. azhari rahwadi says:

    gini saya punya penyakit hati (bagai mana bila hati kita selalu cakap yg tidak diinginkan keinginan kita yg sebenarnya tetapi hati kita selalu berkata-kata kotor sampai saya tak bisa tidur memikirkan dosa yang saya perbuat pada allah dan rosulnya…saya sudah berusaha melawan hati saya dan saya senantiasa berdoa memohon ampun pada allah karena hati saya ini yang saya tidak inginkan……
    contoh : ketika saya lewat didepan kedai tuak atau di tv saya melihat mereka minum saya merasakan seperti minum…padahal saya tidak menginginkannya.
    tolong balasannya (kirim ya ke e-mail saya)

    1. hari says:

      gampang amalkan saja surah al fatiha dengan memahami artinya

    2. Raanz TaaFaarel says:

      Bang Sayaa Pernahh Merasakan Hal Hal Aneeh Bg..
      truss Dalam Hati sayaa..Sayaa berkata kotor kepada allah bg.. apakah ada jalan terbaik lagii bg..
      terus meneruss sayaa di bisikan oleh setan dari dalam hati sayaa bg..
      tolong berikan jawaban bg

  3. michell alazhar says:

    begini dalam diri saya selalu berkata-kata yg tidak saya sukai seperti bercakap yg tidak sepantasnya pada allah padahal saya tidak menginginkannya atau saya sering salah kata dalam pengucapan pujian pada allah…saya takut akan adzabnya dihari kiamat lillahi ta’ala saya benar-benar tidak mau mengucapkannya…..demi kebenaran muhammad..tolong beri tahu saya jawabannya.

    1. Iskandar says:

      Bener tuh… kayaknya bisikan hati yang “culas” / “berprasangka” buruk selalu ada / dalam diri manusia. Tapi setiap kali itu muncul dalam bathinku aku selalu mohon perlindungan serta mohon ampun kepada Allah Swt dan meyakini bahwa itulah “bisikan” iblis/ setan yang terkutuk !

      1. ahmad hafiz zakariyya says:

        terima kasih ya atas jawabannya….semoga Allah merahmatimu….semoga orang-orang mukmin ditutup jalan keburukannya dan dibuka jalan kebenaran sejauh timur dan barat.

      2. saya takut akan tambah parah dan saya takut blom hilang sampai saya tua yang saya bisa lakukan cuma istighfar mohon ampunan mohon perlindungan mohon diajuhkan dari pikiran dan perkataan hati yg mengandung maksiat tersebut sambil menangis dan merasa takut serta sedih, karena cuma itu yang saya bsa lakukan tapi setelah kejadian ini salat saya agak bertambah khusyuk dalam beribadah yg tadinya tergesa2 sekarang insyaallah sudah agak benar, dan yg tadinya saya jarang berdoa setelah salat saya sekarang sudah sering berdoa setelah salat

    2. ana says:

      semoga bisa membantu,sy jg pernah kaya gitu mas,malah sampai nangis mau menghikangkan kata2 kotor dlm hati,insyaalloh itu bisikan syetan sbg cobaan kalu anda mampu menahannya,kalu direnungkan,semua cobaan berasal dri alloh,trus kenapa alloh memberi cobaan seperti itu membiarkan syetan membisikkan kata2 kotor dihati kita,berkhusnudzonlah baca alhamdulillah sbanyak banyaknya,karena alloh menyanyangi kita dg memberi cobaan itu.langkah ke 2 yaitu hati kita buat tersenyum,anggaplah hati kita punya bibir,maksud tersenyum kita remehkan bisikan syetan itu,hati kita bilang”kau tidak akan mampu menggodaku hai syetan{berkatalah bgitu smbil tersenyum hati kita},alhamdulillah berkat pertolongan alloh berhasil ikhtiar tadi mas

    3. maysa says:

      Saya sekarng sdg mengalami sprt itu,dimana semua perkataan hina itu menghina Allah dan rosul-Nya , saya benar benar merasa ssprt orang gila karna saya gamau ga shalatt gara2 hal yg hina ini tp saya slalu ngomong kotor dlm hati mencela Allah dan rosul-Nya astaghfirullah. Gimana cara menyelesaikan ini semua,apakah kalian sudah sembuh?

    4. Revan Putra Meidio says:

      saya juga punya keluhan seperti itu hati saya selalu bebicara sendiri dan berkata buruk yang tidak bisa saya kendalikan terutama ketika sholat dan menyebut nama Alloh, saya sampe hampir frustrasi mikirin penyebabnya sama jaan keluarnya, saya takut akan itu, semoga Alloh mengampuni. mohon saran nya dan solusi. Trimakasih

  4. avib says:

    berpikir dan pelajari setiap amalan yg akan dikerjakan,janganlah mendahulukan pikiran karena setiap pikiran manusia itu sifatnya terbatas.

  5. nena says:

    ya ampyuuun aq banget deh tuh.hehehe….kalo lagi kesel sama orang ngomelnya dalam hati…..tp ya segitu aja, ga pernah sampai ke ungkap ke mulut.

  6. mayani says:

    apa menurut saudara, ketika kita sudah terbiasa berbicara agak kasar padahal itu hanya ucapan saja tidak ada meksud lain. adakah hadis yang membahas tentang itu…maaf sebelumnya.

  7. Kasman Baron says:

    Subhanallah, Walhamdulillah, Walaaillaha Ilallaah, Allahu Akbar, Laa haula walakuwata ila billahi ‘aliyul ‘adziim.

    Maha suci Allah, Dan Segala puji hanya untuk Allah, Dan Tiada Tuhan kecuali Allah, Allah Mahabesar, Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung

    1. Heru says:

      Amin
      semoga semua penyakit hati dihilangkan dalam diri kita semua.
      dan ketika akan keluar rumah usahakanlah untuk selalu membaca Alfatiha dan Ayat Kursi.
      Insya Allah kita akan selalu dilindungiNya.
      Amin.

  8. annissa says:

    Allah Maha Pengampun…..

  9. noto rogo says:

    assalamualaikum………….wr…wb………..gimana caranya menjalankan solat daim .sebap hati saya bimbang karna keseimbangan antara roh dan raga.?

  10. furqon says:

    assalamu’alaikum ustd saya mau tanya gmn kl secara tiba2 tindakan secara reflek kita menolong orng ygsedang keadaan celaka dijln…tp sblmnya ga niat ….apakh itu tercatat dlm amalan baik..apakh allah mmberikan ganjaran pahala yg setimpal atas kebaikan kita??

  11. Ahmad says:

    Apa yang dimaksud suara hati…..

  12. abdurahman88 says:

    yaa rahmaan yaa rahiim yaaghofaar yaa fataah segala puji bg allah yg telah memberikan rezeki yang tiada bandingnya berupa iman dn islam.dosa yg sudah di perbuat aja klo ber tobat allah maaf kan apa lagi yang tidk d prbuat .tentu kita pun harus minta ke pd allah perlindungan atas dosa dosa bangsa hati.kebaikan yang dilakukan di sengaja atau tidak di sengaja asal ikhlas pasti mndptkan ganjaran.

  13. wisnu says:

    klo kita hati kita berkata ingin di puji,,tetapi itu bukan kehendak hati kita sebenarnya itu bagaimana ??
    apa disebut riya??

    mohon jawabannya…

  14. wisnu says:

    klo hati kita berkata mengharap di puji orang,,tetapi itu bukan kehendak hati kita yang sebenarnya..itu bagaimana??

    apa itu di sebut riya??

    mohon balasannya
    sukron

    1. ana says:

      mas wisnu,maksudnya gmana,hati merupakan tolak ukur mas dalam alloh menilai perbuatan kita,kalau hati ingin dipuji sesama manusia insyaalloh namanya riya,trus kehendak hati mas wisnu yg sbenarnya gmana??

    2. ana says:

      hati adalah tolak ukur dalam menilai sebuah perbuatan,kalu ikhlas karena aaloh,insyalloh tidak riya,tapi kalau ingin dipuji sesama,insyaalloh dah termasuk riya

  15. fandi says:

    Assalammualaikum wr.wb.
    sya dl adlh org yg jauh dr sholat,dan g tau bnyak ttg agma Allah,dan skrg sy berusha wt nggalin smua yg pernh sy lkukan dan mcba mjdi org yg lbh baik lgi..
    sy btuh bntuan,saran anda wat sy agr sya bs lbh baik lgi..
    dan kr2 apkh Allah mnerima tobat sy ats ap yg prnh sy lkukan?

    1. rendy says:

      sama mas saya juga merasa sudah jauh dari allah….!!! sampai sekarang saya tidak mengerti sama jalan fikiran saya ..

      1. yandi says:

        allah maha pengampun lg maha bijaksana, tiada hal yang tidak mungkin baginya, menjadi orang baik memang sulit bertobat juga susah tapi ingat semakin sulit cobaan seseorang semakin sering allah memperhatikan ia, saran saya sholatlah kamu lima waktu berjamaah kemesjid setiap waktu. selesai sholat beristighfarlah sebaik-baik istghfar. tariklah nafasmu dalam-dalam ucapkanlah istigfar itu dengan setulus hatimu sebanyak-banyaknya. semoga allah selalu menunjukkan jalan yang lurus (amin)

    2. paddi says:

      Tunaikan shlt 5waktu dan memintalah ampunan. Serta sadari dosa yg prnh dlakukan.insya allah ada jalan buat kita

  16. rendy says:

    assalammualaikum wr.wb.
    bantu saya mas !!! saya orang nya selalu cemas akan setiap masalah yang saya hadapi….,, saya merasa dalam diri saya sudah terlalu bnyak berbuat dosa..,, apakah allah mau memaafkan saya…..,, setiap saya memikirkan hal itu hati saya selalu pesimis dan takut klu allah akan menjauhkan saya !!!
    apa yang harus saya lakukan mas …!!! apakah sudah terlalu bnyak bisikan setan dalam diri saya !!!

  17. ana says:

    yakinlah akan firman alloh mas,bahwa alloh akan memaafkan semua dosa sal hambanya mau bertobat sungguh2,secara logika ya mas,kalou alloh tidak akan memaafkan mas kenapa alloh masih memberikan perasaan berdosa dan bersalah,itu anugerah mas,berarti hati mas belum mati,karena hati yg mati tidak akn merasakan berdosa apabila mlakukan dosa,malah ada seorang ulama terkenal berkata perbuatan dosayang membuat pelakunya merasa rendah diri dan hina itu lebih baik dari pada perbuatan taatyg menimbulkan kesombongan{merasa diri baik},jadi optimislah bahwa alloh akn memngampuni semua dosa2 mas asal betul2 bertobat

    1. ana says:

      buat mas rendy dan mas fandi bagaimana kalo kita bertukar pengalaman masalh hidup,bisa anda emailkan ke email sy,sy akan dengan senang hati menerimanya.ini email sy anaaminudin@yahoo.com atou facebook saya Amin azis

      1. rendy says:

        terima kasih simpati nya … saya benar-benar bingung…. stres yang berat membuta kan mata hati saya…,, dan sekarang saya akan benar2 ingat ke pada allah SWT dan mempertebal iman saya..

  18. ana says:

    puji syukur keadirat Alloh,hati mas sudah mulai terbuka,itu jga atas kehendak Alloh dan pertanda Alloh masih menyayangi mas,banyak orang lupa untuk mensyukuri bahwa anugrah terbesar dari alloh yaitu islam dan iman,saya berkata begini karena sy skrg ini hidup berdampingan dg orang kafir,sangat2 berterima kasih saya hidup dalam islam,walaupun belum mampu bertaqwa semaksimal mungkin,tetapi sy akan berusaha seperti tekad mas rendy,semoga kita selalu dalam lindunganNya dalam mencapai ridhonya,amin.

  19. Khaum kusam says:

    Bgaimana mncegah bsikan dr setan/iblis.apkah bisa d bentengin?biar gk bsik2.soalnya mengganggu banget.aplgi buat konsentrasi. Stu lg nih.apkh cr org yg ada ibls to mhlk gaib lain di dlm drinya yg prlu d ruqyah. Nuhun…

  20. Terimakasih atas pemberitahuannya ^^
    semua ini membuat saya untuk bertobat.. semoga Allah memberkatiku 🙂
    semoga hatiku bersih . Aamiin

  21. Kenapa ya mas klomau solat saya pasti di dalam terpelintas berbicara tidak benar … Tp sya berdoa terus agar di jauhkan dr godaan syaitan solusi nya mas pliss

  22. Di dalam hati terpelintas bicara tidak benar… Plis

  23. Dan di dalam pikiran sya selalu buruk solusiny mas

  24. Muhammmad ikhsan says:

    Kenapa Ya Mbak / MAS klo mau sholat terlintas omong yang buruk dalam hati. tapi tidak mengingikan omongan seperti itu.

  25. Anwarmaulana says:

    Benar sekali . Saya juga sering mengalami kaya gitu sehingga saya ngerasa hina dari mahluk yang d ciptakan oleh allah . ..

  26. wulan says:

    assalamualaikum wr.wb

    saya mw tanya apa hukumnya ketika sholat berkata kotor dlm hati tetapi hati tidak menginginkanya
    apakah sholatnya batal

    mhon jawabnya

  27. IKHSAN says:

    kenapa hati selalu berbicara buruk tetapi saya tidak sampai di ucapkan
    kepada makanan atau benda lain tapi saya tidak bermaksud untuk mengucap nya itu… solusi nya apa Apakah tu
    Apakah Sya berdosa memakan yg saya sudah bicarakan buruk tapi tidak dI bicarakan hanya Di dalam hati saja ?
    JWB ?? secepat nya

  28. udin says:

    saya punya masalah seperti diatas, hanya saja levelnya udah bukan seperti niat jahat atau benci kepada sesama manusia,,, bahkan menyangkut dengan kepercayaan,,,,, saya bahkan sering melakukan blasphemy namun dalam hati yang tidak terkontrol tersebut.saya sendiri bingung untuk menuliskannya ,,,namun saya usahakan tidak sampai ke mulut. padahal saya sama sekali tidak menginginkan hal tersebut………tapi hati saya benar benar seperti tidak terkontrol, apakah itu tidak apa-apa?apakah saya masih dinyatakan muslim?apakah itu tidak berdosa? aku merasa tidak bisa menghentikannya……..jika itu dosa dan membuat saya dikeluarkan dari Islam, hah menyedihkan sekali……jika saya akan tahu siksaan tanpa akhir akan menantiku, karena saya merasa saya tidak akan bisa mengontol hal tersebut

  29. restu ismawati says:

    Asalamualaikum
    BeginI saya punya penyakit hti (bagaimana bila hati sya selalu bercakap Yang tidak dI inginkan oleh keinginan saya Yang sebenarnya tetapi hati saya selalu berkata yang tidak sepantasnya kepada orang lain bila orand itu bersuara atau berbicara pada temannya atau pun pada orang lain
    Saya bingung hrus bagaimana lagi

  30. JEFRI says:

    ass war wab
    hati saya selalu hilang kontrol yaitu meyakini yg salah dan mengingkari yang benar yg berkaitan dg akidah saya rasa saya telah kafir benarkah? padahal saya melawannya dan membencinya namun gagal bahkan hati saya meluncur pada syirik saya kadang menagis sendiri bila hal tersebut terjadi bagaimana dg ststus perkawinan saya? saya berusaha bertaubat minta ampun pada Allah namu hal itu terulang kembali di hati saya apakah Allah masih bersedia untuk ampuni saya?

  31. Hardiyanto says:

    terima kasih atas yang menulis baik yang menjawab dan yang bertanya karna sumber masalah saya salah satu dari pertanyaan di atas semoga allah selalu memaafkan kita.amin amin yarabbal allamin.assallamualaikum wr.wb

  32. aruan says:

    Bagaimana jika terlanjur diucapkan sengaja ataupun tidak sengaja dlam keadaan marah,mohon jawabannya tks

  33. Nana says:

    Setiap saya sholat, hati saya berkata kata sendiri seperti kata kata menghina Allah, saya sangat takut akan hal itu, saya sangat takut Jika nanti Allah melaknat saya, sungguh Demi allah saya tak ingin berkata seperti itu, setiap saya selalai sholat saya selalu bedoa, bahkan sampai menagis karna ingin menghilangkan kata kata yang seperi itu di Hati saya, bahkan saya sampai memukul dada saya supaya tidak berkata seperi itu lagi, tpi tetap saja, Hati saya berkata sendiri, sunguh saya tak ingin seperi itu lagi,,,, apa yang harus saya lakukan, mohon saran dan jawaban nya

  34. desinta says:

    Mau tanya ustd biasanya saya ngebatin mikir allah yang jlek2 tpi itu keinginan gtu ..tpi saya gk mau ucapin scara lisan krna tkut kna azabnya jdi sya lupain ..jdi apa itu tidk dosa

  35. m.rian.febrian says:

    Ustadz,saya mendapati keluhan tentang lintasan hati yg mengarah ke arah kemurtadan,apakah saya termasuk murtad
    Dan saya mau bertanya tentang kata”…..sebelum dibicarakan”
    Saya pernah membicarakan lintasan lintasan hati ini kepada sahabat untuk mendapat saran seperti saya curhat kepada ustadz saat ini…..apa kah ini yg dimaksud”membicarakannya”? Tolong dibalas ya ustadz untuk menjawab segala kegelisahan ini….terima kasih

  36. assalamualaikum wr wb
    begini dalam diri saya selalu berkata-kata yg tidak saya sukai seperti bercakap yg tidak sepantasnya pada allah padahal saya tidak menginginkannya, dan setiap saya mencoba memohon ampun dan perlindungan kepada allah kata tersebut sering muncul dan setiap kata itu muncul hati dan pikiran saya , saya selalu jengkel,sedih,takut jika semisal ini bercampur dengan keinginan hati saya , dan setiap kali saya membaca tulisan kata yang buruk pikiran saya selalu mencampurkan kata tersebut dengan allah, padahal saya sangat tidak menginginkannya, saya benar-benar tidak mau mengucapkannya tapi pikiran ini terus mengucapkannya saya selalu menahan pikiran tersebut dgn bacaan istighfar terkadang bisa berhenti, saat saya mencoba melupakannya kata tersebut muncul dalam pikiran dan hati saya, saya tidak memperdulikannya tapi lama kelamaan itu semua susah untuk dilakukan, saya takut sekali klo ini membuat saya mendapat azab dan menjadi kafir , yg ingin saya tanyakan adakah solusi untuk permasalahan saya ini ? dan bisakah beri contoh kejadian yg dimaksud dgn keinginan hati?
    terimakasih, wassalamualaikum wr wb

  37. saiful exia says:

    Kita semua senasib menghadapi masaalah yg sama,minta2 allah memaafkan kita dah mulihkan hati kita dari mengeluarkan perkataan yg kita tidak inginni.kita bayakkan la berdoa agar masaalah kita ini akan selesai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *