BAB: ORANG YANG TERAKHIR KELUAR DARI NERAKA

117. Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata:  Nabi SAW. bersabda:  Sungguh aku mengetahui orang-orang yang terakhir keluar dari neraka dan terakhir masuk surga. Ialah seorang yang keluar dari neraka sambil merangkak-rangkak, lalu diperintah oleh Allah:  Masuklah ke surga, maka ia segera pergi ke surga, tetapi terbayang padanya surga telah penuh, maka ia kembali dan berkata:  Ya Tuhan aku dapatkan sudah penuh.  Lalu diperintah lagi: Pergilah masuk surga.  Kemudian ia kembali berkata: Ya Tuhan, aku dapatkan surga sudah penuh, kemudian diperintah: Pergilah masuk surga, maka di sana untukmu seluas dunia sepuluh kali, atau, untukmu seluas dunia dan sepuluh kalinya,  maka ia berkata: Engkau mengejek dan mentertawakan aku sedang Engkau raja yang berkuasa.

Sungguh aku telah melihat Rasulullah saw. tertawa ketika menerangkan hadits ini sehingga terlihat gigi gerahamnya.  Dan itu serendah-rendah tingkat ahli surga.  (Bukhari, Muslim).

ads

Comments

  1. SMPKU says:

    Alhamdulillaah, wasyukurillaah…..

  2. ustad ini orang amalan sehariannya gimana aja menurut hadist

  3. masha’allah… luas sungguh rahmat dan kasih sayang Allah

  4. ddddddd says:

    trus ini yg amalanya kyk gmana…
    ngga jelas..

  5. syifa ariany says:

    subhanallah…ya Allah jdkn aQ trmsk golongan penghuni surgamu..rabbana wa taqabbaldu’a

  6. Mh Jebres says:

    kalau dlm alquran bila seseorang msk surga kekal selama lamanya dan bila masuk neraka juga kekal dineraka selama lamanya; terus hadis yg anda tulis kok kelihatanya tdk sesuai dengan ALQURAN ?

    1. brist says:

      57. اللّهُ وَلِيُّ الَّذِينَ آمَنُواْ يُخْرِجُهُم مِّنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوُرِ وَالَّذِينَ كَفَرُواْ أَوْلِيَآؤُهُمُ الطَّاغُوتُ يُخْرِجُونَهُم مِّنَ النُّورِ إِلَى الظُّلُمَاتِ أُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya…

      Dalam aayat di atas sudah jelas bahwa yang kekeal dalam neraka ialah Orang2 kafir…

  7. arif ali says:

    sunguh hina kehidupan orang ini sewaktu di dunia, amalan apa yang menebab kan orang ini sehingga di ijinkan ALLAH SWT masuk syorga.

  8. orang yang sedang bingung says:

    trus, kesimpulan’a apa ? kok jd kaya lucu”an sih ? -,-a

  9. faisal says:

    apakah ada zin waktu nabi adam di lahirkan dia mau bersuzud

  10. faisal says:

    apakah ada zin waktu nabi adam di ciptakan dia mau bersuzud……

  11. Subadyomo says:

    Ada yang berpendapat bahwa mereka yang masuk surga ataupun neraka, mereka kekal di dalamnya? Apa benar pendapat ini? Dan bagaimana yang sebenarnya menurut Al Quran dan Hadits?

    1. brist says:

      Assalamualaikum..
      Menurut sepengetahuan saya.. org yg kekal d.dlm neraka ialah yang kafir dan musrik,, sedangkan seorang muslim yang masuk neraka hanyalah utk menebus dosa2nya_ setelah dosanya terbayar dengan siksa neraka ia pun akan masuk surga_

      1. Ajie says:

        @Brist Betul sekali 🙂

      2. Donny says:

        Assalamualaiku.
        tapi apakah di sebutukan di dalam Al-qur’an dan Hadist bahwa orang kafir dan musyrik tidak akan masuk surga…lalu bagaimana dengan orang2 yg agamanya selain dari ISLAM…bukan kah Hadist ini menjelaskan bahwa ada orang terakhir keluar dari NERAKA,,klo menurut saya klo yg namanya orang terakhir berarti tidak ada lagi orang di dalam NERAKA…memang di Al-qur’an di sebutkan mereka KEKAL di dalamnya…yg saya mau tanya..pengertian KEKAL itu apa….???

  12. subhannalah betapa besar rahmat yng tlah engkol berikan keapada orng tsb….rasa kasih sayangmu ya rabb mengalhkan murakmu kepada kami…..ya allah berikanlah kami rahmatmu sebagimana engkau telah memberikan rahmat kepada orang” sebelum kami amin…….

  13. waluyo says:

    subhannallah betapa besar kasing sayang dan nikmat Allah yang diberikan kepada hamba Allah

  14. Irwan Mj says:

    mantapzzzzzzzzzzz

  15. samsul { Arema } says:

    Alangkah bahagianya meskipun menjadi orang yg terakhir, tanda bahwa Rahmat Alloh tidak pernah putus kpd kita meski kita selalu dzolim kepada Alloh ….. Subhanalloh …

  16. sutar kanar says:

    alhamdulillah……meskipun dia terakhir masuk syurga,tapi dia termasuk orang2 yg beruntung,bisa masuk syurganya ALLAH SWT……..YA ALLAH jadikanlah hamba2-MU ini sebagai ahli syurga…..

  17. andika pratama says:

    maka dari itu,jgn pernah berani utk meninggalkan Sholat wajib yang 5 waktu.Taat kpd Allah dan RasulNYa artinya menjalankan perintahNYa dan meninggalkan apa yg dilarangNYa,semua dilakukan dengan ihlash semata mata hanya mengharap Ridlo Allah SWT.Pasti Allah Ridlo…

  18. Semoga Allah SWT mencurahkan HidayahNYa di seluruh pelosok alam ini aaamiiin…..

  19. Org yg tlh keluar dr neraka,n dperintahkn oleh Allah untk msk surga,nah surg yg mnkh yg akn diijin oleh ALLAH untk org tsbut?

  20. achmad ridho says:

    semoga kita termasuk ahli ahli surga
    amin

  21. Safaldin says:

    semua yang beriman pasti akan masuk surga. walaupun dia harus di siksa ( dibersihkan ) dulu du nerakanya.
    kecuali orang2 yang kafir dan munafik,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *