Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah

Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah

Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah

 

Sholat Yang Paling Berat Dilaksanakan

Sebelum kita lihat Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah , kita lihat terlebih dulu apa yang disampaikan oleh Rasulullah ﷺ mengenai beratnya sholat Isya dan sholat Subuh berjamaah.

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari Muslim)

Rasulullah ﷺ telah menyampaikan bahwa Sholat Isya dan Sholat Subuh berjamaah adalah sholat yang paling berat dilaksanakan bagi orang-orang munafik. Rasulullah ﷺ menyampaikan bahwa sesungguhnya jika manusia mengetahui Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah, maka manusia akan datang ke masjid meskipun dengan merangkak sekalipun.

Begitu hebatnya Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah. Kita lihat, apa saja Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah itu.

Keutamaan Sholat Isya Berjamaah

Rasulullah ﷺmenyampaikan bahwa orang-orang yang melaksanakan sholat Isya berjamaah, akan mendapatkan pahala seperti jika orang tersebut  melakukan sholat malam selama separuh malam.

 

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang sholat isya  berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

 

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

Rasulullah ﷺmenyampaikan bahwa orang-orang yang melaksanakan sholat Subuh berjamaah, akan mendapatkan pahala seperti jika orang tersebut sholat sepanjang malam.

Apakah kita manusia yang lemah ini sanggup selalu melaksanakan sholat sepanjang malam? Kemungkinan besar jika itu dilakukan setiap hari sepanjang hidup kita, akan sangat berat dilakukan.

Akan tetapi Rasulullah ﷺ  telah memberikan pengganti agar kita bisa mendapatkan pahala sholat sepanjang malam tersebut. Yaitu dengan melakukan Sholat Isya dan Sholat Subuh berjamaah di masjid.

Ingatlah selalu hadits Rasulullah ﷺ  di atas mengenai Keutamaan Sholat Isya dan Sholat Subuh Berjamaah, Insyaa Allah hal itu akan meringankan langkah kita untuk senantiasa melakukan sholat berjamaah di masjid.

ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *