Sholat Tahajjud

Do'a Sholat Tahajjud

Sholat Tahajjud

Sholat Tahajjud merupakan Ibadah sholat sunnah yang paling utama. Sholat Tahajjud senantiasa dilakukan oleh Rasulullah ﷺ karena beliau mendapat perintah dari Allah untuk melakukan ibadah ini, sebagai suatu ibadah tambahan.

1. Allah SWT memerintahkan Sholat Tahajjud

Shalat Tahajjud hukumnya adalah sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan. Di dalam Al Qur’an terdapat beberapa ayat mengenai sholat malam ini, antara lain sebagai berikut :

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Israa ayat 79 :

 ﴾ وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَى أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا ﴿٧٩

yang artinya adalah :
dan pada sebagian malam lakukanlah shalat Tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Rabb mu mengangkat ke tempat yang terpuji”. (QS. Al-Israa : 79).

Allah SWT. memerintahkan Rasulullah ﷺ untuk senantiasa melakukan sholat tahajjud atau qiyaamul lail sebagai ibadah tambahan setelah shalat wajib.

2. Sebaik-baiknya sholat sunnah adalah sholat malam / sholat tahajjud

Sholat Tahajjud adalah sholat sunnah yang senantiasa dilakukan oleh Rasulullah ﷺ.
Shalat tahajjud adalah sebaik-baiknya sholat sunnah.

Sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah ﷺ dari Hadits Riwayat Muslim, sebagai berikut :

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah ﷺ bersabda :“Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baiknya shalat sesudah shalat Fardhu, ialah shalat malam”. (HR. Muslim).

3. Waktu sholat Tahajjud

Sholat ini dilakukan pada sepertiga malam terakhir, setelah seseorang bangun dari tidur malam, meskipun tidurnya itu hanya sebentar saja.
Dalam beberapa hadits juga ditegaskan, bahwa beliau Rasulullah ﷺ mengerjakan shalat tahajjud setelah tidur. Hal tersebut diriwayatkan dari Ibnu `Abbas, `Aisyah dan beberapa orang sahabat.
Waktu tahajud di malam hari adalah sebaik-baik waktu pelaksanaan shalat sunnah.
Saat tersebut, pada sepertiga malam, adalah saat dibukakannya pintu langit dan terkabulnya do’a.
Saat itu, ketika banyak orang tertidur lelap, dan saat keheningan menyelimuti alam, adalah saat yang tepat untuk menyampaikan semua hajat dan permintaan kita kepada Allah Sang Maha Pendengar Do’a, karena saat itu seorang hamba akan sangat dekat dengan Penciptanya.

3. Do’a sholat Tahajjud

Terdapat beberapa ucapan do’a setelah sholat Tahajjud sebagaimana diriwayatkan dalam banyak hadits.
Berikut ini, adalah do’a setelah sholat Tahajjud yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari :

Sholat Tahajjud

حَدِيْثُ ابْنِ عَبَّاسٍ قالَ : كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا تَهَجَّدَ مِنَ اللَّيْلِ قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Ibnu Abbas R.A. berkata, “Jika Nabi Shallalahu’alaihi wasallam sholat Tahajjud pada malam hari, beliau membaca do’a:
“Ya Allah, segala puji bagi Mu, Engkau cahaya yang menerangi langit dan bumi, dan segala puji bagi Mu, Engkau pemelihara langit dan bumi, dan bagi-Mu segala puji, Engkau adalah Pemilik langit dan bumi, serta penghuni keduanya.
Engkau adalah Benar, dan janji Mu benar, firman Mu benar, pertemuan dengan Mu benar, surga Mu benar, neraka Mu benar, para nabi benar, dan kiamat benar.
Ya Allah aku pasrah kepada Mu, beriman kepada Mu, berserah kepada Mu, dan akan kembali kepada Mu.
Dengan pertolongan Mu aku berjuang, dan kepada Mu aku berhukum, maka ampunilah dosaku yang lalu dan yang akan datang, yang tersembunyi dan yang jelas.
Engkau Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau”. (HR. Bukhari).

ads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *