sedekah

5 Jenis Sedekah Dalam AlQur’an dan Hadits





Sedekah atau shadaqah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Sedekah merupakan amal kebaikan yang sangat besar pahalanya di hadapan Allah SWT.

Dalam AlQur’an, sedekah atau shadaqah disebut sebagai sarana untuk membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan serakah. Selain itu, hadits-hadits Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah atau shodaqoh sebagai salah satu amal kebaikan yang sangat dianjurkan.

Sejarah dan Dalil Sedekah dalam Hadits dan AlQur’an

Sedekah atau shodaqoh yang bersifat sukarela pertama kali ditetapkan di Mekah dengan nama zakat. Kemudian di Madinah diperkenalkan dengan istilah sedekah.

Landasan disyariatkan dan dianjurkannya sedekah ini,  tercantum di dalam sebagian ayat AlQur’an dan hadits berikut ini :




Menurut AlQur’an

Al-Anbiya’ (21) : 73

وَجَعَلۡنٰهُمۡ اَٮِٕمَّةً يَّهۡدُوۡنَ بِاَمۡرِنَا وَاَوۡحَيۡنَاۤ اِلَيۡهِمۡ فِعۡلَ الۡخَيۡرٰتِ وَاِقَامَ الصَّلٰوةِ وَاِيۡتَآءَ الزَّكٰوةِ​ۚ وَكَانُوۡا لَـنَا عٰبِدِيۡنَ ۙ​ۚ‏ ٧٣

Dan Kami menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan Kami wahyukan kepada mereka agar berbuat kebaikan, melaksanakan salat dan menunaikan zakat, dan hanya kepada Kami mereka menyembah.

 

Al-Mu’minun (23) : 4

وَالَّذِيۡنَ هُمۡ لِلزَّكٰوةِ فَاعِلُوۡنَۙ‏ ٤

dan orang yang menunaikan zakat,

 

Al-Baqarah (2) : 245

مَنۡ ذَا الَّذِىۡ يُقۡرِضُ اللّٰهَ قَرۡضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗۤ اَضۡعَافًا کَثِيۡرَةً  ​ؕ وَاللّٰهُ يَقۡبِضُ وَيَبۡصُۜطُ وَ اِلَيۡهِ تُرۡجَعُوۡنَ‏ ٢٤٥

Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipat gandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

 

Al-Mujadalah (58) : 13

ءَاَشۡفَقۡتُمۡ اَنۡ تُقَدِّمُوۡا بَيۡنَ يَدَىۡ نَجۡوٰٮكُمۡ صَدَقٰتٍ​ ؕ فَاِذۡ لَمۡ تَفۡعَلُوۡا وَتَابَ اللّٰهُ عَلَيۡكُمۡ فَاَقِيۡمُوا الصَّلٰوةَ وَ اٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَطِيۡعُوا اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ​ ؕ وَاللّٰهُ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ‏ ١٣

Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum (melakukan) pembicaraan dengan Rasul? Tetapi jika kamu tidak melakukannya dan Allah telah memberi ampun kepadamu, maka laksanakanlah salat, dan tunaikanlah zakat serta taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya! Dan Allah Mahateliti atas apa yang kamu kerjakan.

 

Hadits Tentang Sedekah

Selain di dalam AlQur’an, berikut ini hadits-hadits yang berkaitan dengan sedekah :

Dari Haritsah bin Wahb

Dari Haritsah bin Wahb, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Segeralah kalian bersedekah, karena dikhawatirkan kelak akan terjadi seorang laki-laki pergi ke mana-mana membawa sedekahnya, tetapi dijawab oleh orang yang hendak diberinya sedekah, ‘kalaulah kemarin kamu datang, aku terima sedekahmu. Sekarang aku tidak butuh lagi terhadap sedekahmu itu.



‘Akhirnya orang itu pun benar-benar tidak mendapat orang yang bersedia menerima sedekahnya itu.”  (HR. Bukhari Muslim)

 

Dari Abu Hurairah

Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak seorang pun yang menyedekahkan hartanya yang halal -yang mana Allah memang tidak akan menerima kecuali yang baik- melainkan Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya, meskipun sedekahnya itu hanya sebutir kurma. Maka kurma itu akan bertambah besar di tangan Allah Yang Maha Pengasih, sehingga menjadi lebih besar daripada gunung, sebagaimana halnya kamu memelihara anak kambing dan anak unta (yang semakin lama semakin besar).” (HR. Bukhari Muslim)




Makna dan Manfaat Sedekah

Secara umum, sedekah atau sedekah jariyah adalah  adalah memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain sebagai bentuk kebaikan dan ikhlas dalam beramal. Makna dan fadilah shodaqoh menurut AlQur’an dan Hadits antara lain adalah :

Makna Sedekah Menurut AlQur’an,

Menurut AlQur’an sedekah memiliki beberapa makna, antara lain:

Ikhlas

Sedekah harus dilakukan dengan ikhlas dan tulus. Artinya, sedekah harus diberikan karena Allah SWT semata, bukan karena ingin mendapatkan pujian atau balasan dari orang lain.



Dalam AlQur’an surat Al-Insan ayat 8-10, Allah SWT berfirman :

وَيُطۡعِمُوۡنَ الطَّعَامَ عَلٰى حُبِّهٖ مِسۡكِيۡنًا وَّيَتِيۡمًا وَّاَسِيۡرًا‏ ٨

Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan,

اِنَّمَا نُطۡعِمُكُمۡ لِـوَجۡهِ اللّٰهِ لَا نُرِيۡدُ مِنۡكُمۡ جَزَآءً وَّلَا شُكُوۡرًا‏ ٩

(sambil berkata), “Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu.

اِنَّا نَخَافُ مِنۡ رَّبِّنَا يَوۡمًا عَبُوۡسًا قَمۡطَرِيۡرًا‏ ١٠

Sungguh, kami takut akan (azab) Tuhan pada hari (ketika) orang-orang berwajah masam penuh kesulitan.”

 

Menurut Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim AlQur’an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas AlQur’an Universitas Islam Madinah. Disebutkan bahwa ayat tersebut mengandung pengertian sebagai berikut :



“Orang-orang baik itu menjadikan tujuan dari pemberian makan kepada orang-orang yang membutuhkan ini adalah untuk meraih keridhaan Allah, sehingga mereka tidak lagi mengharapkan balasan atas kebaikan yang telah mereka lakukan dan tidak pula mengharap ucapan terima kasih, sebab itu merupakan amalan yang ikhlas karena Allah demi mendapat keridhaan-Nya dan karena takut dari azab-Nya pada hari kiamat yang merupakan hari yang berat dan mengerikan, ketika itu wajah-wajah akan menjadi muram karena takut dari siksaan dan karena pengaruh kengerian yang telah mereka lihat.”

 

Membersihkan Harta dan Jiwa

Sedekah juga berfungsi untuk membersihkan harta dan jiwa dari sifat serakah dan kikir.

Di dalam Surat At Taubah Ayat 103 difirmankan oleh Allah SWT bahwa sedekah bisa menjadi pembersih jiwa:

خُذۡ مِنۡ اَمۡوَالِهِمۡ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيۡهِمۡ بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡ​ؕ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمۡ​ؕ وَاللّٰهُ سَمِيۡعٌ عَلِيۡمٌ‏ ١٠٣

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

 

Menjadi Pahala di Sisi Allah SWT

Sedekah atau shodaqoh juga merupakan salah satu amal kebaikan yang sangat dianjurkan dalam Islam.



Dalam AlQur’an surat Al-Baqarah ayat 277, Allah SWT berfirman “Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

 

Menurut Hadits Rasulullah SAW

Selain itu, ada juga beberapa hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang makna dan manfaat sedekah, antara lain:

Mencegah Kematian yang Buruk (Su’ul khotimah)

Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).


Salah satu hadits sedekah yang paling utama :

dari Abu Hurairah ia berkata; Seorang laki-laki menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya?” Maka beliau menjawab: “Demi bapakmu, kamu benar-benar akan diberitahu. Yaitu, kamu bersedekah pada saat kamu sehat, kikir, khawatir akan miskin dan kamu berangan-angan harta tersebut akan kekal bersamamu. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu, ini untuk si Fulan dan ini untuk Fulan. Dan ingatlah, bahwa harta itu, memang untuk si Fulan.” (HR. Muslim)

 

Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. (HR Imam Baihaqi)

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. (HR Tirmidzi)




Jenis-jenis Sedekah Menurut Hadits

Berikut adalah jenis-jenis atau macam-macam sedekah berikut contohnya,  yang dikelompokkan berdasarkan jenis dari sedekah yang diberikan, berikut landasan hukumnya:

Sedekah Fisik

Sedekah fisik atau yang biasa disebut dengan sedekah dalam bentuk harta benda, dapat berupa uang, makanan, pakaian, atau benda lainnya yang dibutuhkan oleh orang yang membutuhkan.

Contoh dari sedekah atau shodaqoh fisik adalah memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, memberikan makanan kepada orang yang kelaparan, memberikan pakaian kepada orang yang membutuhkan, dan memberikan obat-obatan atau peralatan medis kepada orang yang sakit.

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah fisik, seperti dalam hadits berikut:

Bersedekahlah kalian, sebelum datang suatu hari dimana tidak ada gunanya harta dan anak cucu, kecuali sedekah.” (HR. Muslim)

Tidaklah melimpahinya harta pemiliknya kecuali sedekah dapat menghilangkan dosa.” (HR. Tirmidzi)

 

Sedekah Ilmu

Sedekah ilmu adalah jenis sedekah atau shodaqoh yang dilakukan dengan cara membagikan ilmu atau pengetahuan kepada orang lain. Sedekah ilmu dapat dilakukan dengan berbagi ilmu lewat pengajian, kajian kitab, atau seminar.

Contoh dari sedekah ilmu adalah memberikan pelajaran agama atau ketrampilan kepada orang yang membutuhkan, membagikan bahan-bahan atau literatur yang bermanfaat untuk orang lain, dan membantu orang yang kesulitan dalam mempelajari suatu ilmu.

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah ilmu, seperti dalam hadits berikut:

Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)

Orang yang menunjukkan suatu kebaikan kepada orang lain, seperti dia yang melakukannya.” (HR. Muslim)




Sedekah Doa

Sedekah doa adalah jenis sedekah atau shodaqoh yang dilakukan dengan cara mendoakan orang lain. Sedekah doa dapat dilakukan dengan mendoakan orang yang membutuhkan, atau mendoakan umat manusia secara umum.

Contoh dari sedekah doa adalah mendoakan keselamatan dan kesehatan orang yang membutuhkan, mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan untuk orang yang sedang mengalami kesulitan, dan mendoakan keselamatan umat manusia dari bencana dan kesulitan.

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah doa, seperti dalam hadits berikut:

Doakanlah kebaikan untuk sesama manusia, karena doa itu sangat bermanfaat.” (HR. Abu Dawud)

Tidaklah seorang muslim mendoakan kebaikan untuk saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, melainkan malaikat berkata, ‘Aamiin, dan bagimu pahala yang sama dengan doanya.'” (HR. Muslim)



Sedekah Tenaga

Sedekah tenaga adalah jenis sedekah atau shodaqoh yang dilakukan dengan cara memberikan waktu dan tenaga untuk membantu orang lain. Sedekah tenaga dapat dilakukan dengan membantu orang yang membutuhkan, mengunjungi orang sakit, atau membantu orang yang sedang dalam kesulitan.

Contoh dari sedekah tenaga adalah membantu membersihkan masjid, membantu membangun jalan atau jembatan, atau membantu orang yang kesulitan dalam hal apapun.

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah tenaga, seperti dalam hadits berikut:

Setiap tindakan kebaikan adalah sedekah, dan salah satu bentuk sedekah adalah membantu orang lain.” (HR. Bukhari)

Barangsiapa yang membantu seorang muslim dalam kesulitan, maka Allah SWT akan membantunya di dunia dan di akhirat.” (HR. Muslim)

BACA JUGA: Sedekah Itu Mudah 




Sedekah Hati

Sedekah hati adalah jenis sedekah atau shodaqoh yang dilakukan dengan cara memberikan kasih sayang, simpati, dan dukungan emosional kepada orang yang membutuhkan. Sedekah hati dapat dilakukan dengan memberikan perhatian dan dukungan kepada orang yang sedang kesulitan, atau dengan memberikan kata-kata semangat dan penghiburan.

Contoh dari sedekah hati adalah memberikan dukungan moral kepada orang yang sedang mengalami kesulitan, memberikan senyuman atau ucapan selamat kepada orang yang membutuhkan, dan memberikan kasih sayang dan perhatian kepada orang yang terpinggirkan atau kesepian.

Dalam hadits, Nabi Muhammad SAW juga menekankan pentingnya sedekah hati, seperti dalam hadits berikut:

Orang yang paling disukai oleh Allah SWT adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Tirmidzi)

Barangsiapa yang menenangkan hati orang yang sedang kesulitan, maka Allah SWT akan menenangkan hatinya di dunia dan di akhirat.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA: 7 Golongan Dalam Naungan Allah




Kesimpulan

Sedekah atau shodaqoh adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Sedekah memiliki banyak makna dan manfaat, baik dari segi kebaikan sosial, moral, maupun kebaikan pribadi.

Dalam AlQur’an, sedekah disebut sebagai sarana untuk membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan serakah, dan sebagai salah satu amal kebaikan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah juga menunjukkan kesediaan seseorang untuk berbagi dengan sesama, memberikan kebaikan, dan membantu orang lain.

Jenis-jenis sedekah atau shodaqoh menurut hadits dan AlQur’an meliputi sedekah fisik, sedekah ilmu, sedekah doa, sedekah tenaga, dan sedekah hati. Masing-masing jenis sedekah memiliki manfaat dan keutamaan tersendiri, tergantung dari kebutuhan dan keadaan orang yang membutuhkan.

Sebagai umat Muslim, kita harus senantiasa mengingatkan diri sendiri mengenai pentingnya sedekah dan beramal kebaikan dengan ikhlas dan tulus, serta memanfaatkan semua kesempatan untuk berbuat kebaikan. Shodaqoh yang paling baik adalah shodaqoh yang dilakukan dengan cara yang ikhlas. Dan Allah SWT berjanji bahwa orang yang bersedekah dengan ikhlas akan mendapat pahala yang besar di akhirat, serta kebaikan yang dilakukan di dunia akan berbuah manis di akhir.

Jangan lupa untuk selalu mengamalkan sedekah atau shodaqoh dengan ikhlas dan tulus serta memanfaatkan setiap kesempatan untuk berbuat kebaikan. Semoga Allah SWT selalu memberikan keberkahan dan kebaikan bagi kita semua. Aamiin.

Wallahu’alam

Video : 9 Keutamaan Shodaqoh – Ustadz Abdul Somad


Picture : Wikimedia Commons

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top