BAB: AHLI NERAKA YANG PALING RINGAN SIKSANYA

127. An-Nu’man bin Basyir r.a. berkata: Aku telah mendengar Nabi SAW. bersabda: Sesungguhnya seringan-ringan siksa ahli neraka di hari kiamat, ialah orang yang di bawah telapak kakinya diletakkan bara api yang dapat mendidihkan otaknya. (Bukhari, Muslim).

37 thoughts on “BAB: AHLI NERAKA YANG PALING RINGAN SIKSANYA”

  1. Kopi Pasta :Sesungguhnya seringan-ringan siksa ahli neraka di hari kiamat, ==yang saya pertanyakan : Bukankah pengertian KIAMAT itu kehancuran alam semesta….{ …pada hari kiamat…} ==bukankah Neraka dan surga itu , baru di AKTIF kan setelah di hisab…wassalam.

    1. Nabi Muhammad pernah diperlihatkan keadaan neraka. Dalamnya ada ghadaballah (kemarahan Allah) terhadap musuh-Nya dan yang ingkar perintah-Nya. Jika dijatuhkan batu atau besi ke dalam neraka itu, nescaya hancur lebur ia dalamnya.

      Tiba-tiba Rasulullah ternampak beberapa kaum memakan bangkai. Bertanya Baginda kepada Jibril: “Siapa ini, wahai Jibril?”

      Jawab Jibril: “Inilah mereka yang makan daging saudaranya dengan mengumpat.”

      Menandakan neraka sudah aktif.

      Hari kiamat mempunyai arti yang luas.Kiamat bisa berarti hari terjadinya dan bisa berarti setelah kehancuran/kiamat.

      Wallahua’lam.

      1. Asslkm,saya masih bingung,pda saat Allah menampakan neraka kpd rasulullah,mengapa sdh ada penghuninya,bukankah manusia stelah mati itu berada di alam kbur,trus yg d neraka itu siapa,trims,wassalam.

    1. asalam wr wb..

      samakah tuhan dengan Allah SWT ?
      jawabannya : tuhan itu ada banyak.. contohnya, koruptor, menuhankan materi, kaum nabi luth menuhankan hawa nafsunya, para diktator menuhankan kekuasaannya..

      Sedangkan kami kaum muslim tuhannya adalah Allah SWT, tiada tuhan yang disembah, diagungkan selain Allah SWT, cara kita mengagungkan, menyembah Allah SWT sesuai dengan ajaran/petunjuk yang diberikan Rasullullah SAW..

      sedangkan ajaran agama lain menuhankan dewa-dewa atau nabi selain Allah SWT..

  2. dosa kita memang banyak… tapi rahmat Allah lebih banyak dan lebih luas lagi….
    semoga Allah mengampuni dosa kita semua…
    amin….

  3. assalamu’alaikum , terima kasih atas hadits yg tlah di kabarkan ,apalagi gambaran tentang hari kiamat dan SYURGA, NERAKA.Allah SWT. berhak memasukkan kita kemanapun ia mau. yg pentng kita sudah melakukan amal shalih.amin amin ya ROBbal’alamin.

  4. Assalamualaikum..
    Kalo Menurut Ana, Gambaran Neraka dan Surga adalah motivasi untuk kita selama hidup didunia, agar kita tau bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan selalu ada kompensasinya…
    Dan Qur’anlah sebagai Panduan kita untuk menuju keselamatan dunia dan akhirat.

    membaca hadist2 disini, membuat ana selalu ingin berada didekat-NYA..

    1. panduan hadist lah yang dapat menunjukkan apakah kita sdh benar dalam menuntun diri kita ke arah tuntunan hadist dan qur’an….

  5. ALLAHU AKBAR ALLAH MAHA BESAR YANG LAIN KECIL…..
    mnfaatkn khidpan qt sbaik2nya sblum msa mati qta………

    salam ukhuwah………
    wassalamu’alaikum wr.wb

  6. Sesungguhnya 25% dari 100% manusia lebih banyak masuk neraka. karena manusia itu lebih licik dari pada monyet. lebih kejam dari pada harimau dan lebi buta dari pada gelapnya malam. mari jadikan pribadi yg lebih baik. agar Allah merestui dalam sorga Nya. wassalam 🙂

  7. neraka atau syurga adalah hak ALLAH…. kedua-duanya makhluk ALLAH. seandai kita telah beribadat tetapi ALLAH memasukkan kita ke dalam neraka, sesungguknya itu adalah hakNYA. Walaupun malaikat Malik berperanan sebagai pengjaga neraka dan pengurus neraka, tetapi malaikat Malik tidak pernah merasai kepanasan api neraka. WALLAUHALAM

  8. syurga & neraka adalah pilhan… apakah kita akan memilih syurga yg penuh kenikmatan..atau neraka yg pnuh ksengsaraan yg tak trhingga…resapilah saudara q…

  9. firman albukhara

    aq gk snggup keneraka tp jiwa qu pnuh dosa,aq mau kesyurga tp aq gk pntas ksyurga,..

  10. Hny ad 2tempat stlelah yaumil kiayamah,yaitu surga dn neraka tdk ad t4 diantara kduanya,tentukan pilihanmu sblum smuanya trlambat,.
    krn mati bs mndatangimu stiap saat,.
    taukah kalian abu tholib(paman nabi) ?
    pngorbnnya untk islam sgt luar biasa dn brkali2 mnyelamtkn nabi,.
    bliau mati dlm keadaan kafir,tp ats kmurahan allah dia mndapt neraka yg palg ringan,.
    Prtanyaanya adlh apakah pngorbnn kt sbanding dgn paman nabi?
    pantaskah dgn iman dn amalan yg minim kt mengharap surga?

  11. ya Allah serem banget ..
    baru ngedenger nya aja udah merinding gini apalagi kalo nanti kita ngalamin langsung..

  12. maaf kang sebelumnya ana mmbales komentar2 yang agak aneh menurut ana, mhon dipublikasikan. lalu tlong dberi kriteria biar tidak smpang siur pemahaman para komentaror disini bahwa kriteria seperti apa yang diberi siksaan ringan itu? syukron

    1. saudaraku ga usah bingung,karena hidup ini sdh ada aturanya,lihat albaqoroh ayat 2.bagaimana kita hidup dalam petunjuknya,dan kita berusaha tunduk terhadap aturan itu.karena Allah berpesan di surat al Imron ayat 102,”….dan jangan sekali-kali kamu mati dalam keadaan tidak berserah diri”.InsyaAllah kita di jauhkan dari siksaNya,amin

  13. y allah ya rabb hindarkanlah hamba dan saudara” ( umat muslim ) dari siksa api nerakamu….
    ya allah yang mha rohman dan rohim kami tidak pantas untuk berada di surgamua tp kami tida kuat untuk menahan siksaanmu…… ya alahh ya rabb tuntunlah kami untuk sllu di jalanmu amin ya rabbal alamin…..

  14. Assalamu’alaikum.wr.wb.maaf smua komentar saudara dapat sy fahami,kalau seorang pambela nabi saja mendapatkan siksaNya.maka bagaimana kalau hari ini ada seorang atau sekelompok bahkan masyarakat serta kaum yang menghalangi jalanya orang yang meneruskan estafet perjuangan rosulullah SAW,membumikan al Quran di kolong jagat ini,akan seperti apa siksa yang di berikan pd orang2 semacam itu?

  15. asallamu allaikum wr wb. sampai ke sini saya karena penasaran, saya medapat sms dari sahabat., saya di katakan ahli neraka. saya akui memang saya banyak dosa , dan saya sedang dalam tahap bertaubat , bahkan saya mendapatkan celakalah celakalah celakalah,.
    yang saya ingin tanyakan , orang2 yang berbuat apa yang bisa dikatakan dan tergolong ahli neraka , sebsar apa dosa seseorang hingga allah tidak mengampuni umat nya dengan taubatnya ,. taubat yang sungguh2,.

    1. baik itu bkn yg tdk prnh brbuat dosa, tp yg segera mmohon ampunan dan tdk mngulangi dosa. Alloh maha pengampun smua dosa kecuali murtadi

  16. deris.affandi

    waalaikum salam wr,wb orang yang akanmasuk neraka yaitu orang yang suka mengadu domba ,menduakan allah dan masih banyak lgi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top