Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan Manfaat nya

      Keutamaan Puasa Senin Kamis

      Selain Fadhilah Puasa Sunnah, sebagaimana termaktub di dalam hadits-hadits shahih, berikut mengutip buku “Insiden Surga pada Hari Senin dan Kamis” yang disusun oleh Ridhoul Wahidi, terdapat beberapa keutamaan puasa Senin-Kamis, sebagai berikut:

          1. Mendapat Gelar Takwa

      Setiap mukmin yang menjalankan puasa sunnah, tidak terkecuali puasa Senin Kamis dengan ikhlas, dan melakukakan semua syarat, rukun, dan ketentuannya, maka ia akan mendapatkan gelar takwa.

      Dalam hal ini, Allah SWT akan memberikan jalan keluar yang mudah bagi hamba-Nya yang bertakwa. Sebagaimana Dia berfirman:

      وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا

      Artinya: ” Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya.” (QS Thalaq: 2)

      وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مِنْ اَمْرِهٖ يُسْرًا

      Artinya: “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya.” (QS Thalaq: 4)

          1. Pahala Dilipatgandakan

      Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda:

      كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

      “Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya.” (HR. Muslim 1151)

            1. Bau Mulutnya Harum

              Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda, “Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari minyak kesturi. Sesungguhnya dia menahan syahwat, makanan dan minumannya demi Aku. Maka puasa itu adalah milik-Ku, Aku-lah yang akan memberikan pahalanya. Setiap kebaikan itu senilai dengan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya.” (HR. Malik)

            2. Memperoleh Dua Kegembiraan

          Leave a Comment

          Your email address will not be published. Required fields are marked *

          Scroll to Top
          Scroll to Top