Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan Manfaat nya

          1. Menjadi Perisai Diri

    Puasa adalah perisai (ash-shiyamu junnatun), tidak terkecuali puasa sunnah. Puasa sunnah memiliki manfaat menjadi perisai atau pelindung bagi seseorang yang menjalankannya. Sudah menjadi hal umum, bahwa dengan menahan makan dan minum seseorang yang menjalankan puasa menjadi lebih sabar dan kuat untuk menahan hawa nafsunya.

    Puasa juga dapat menjadi bagian untuk melatih kekuatan jiwa seorang muslim dan muslimah baik secara rohani maupun secara jasmani. Apabila seseorang dapat berpuasa setiap pekan pada hari Senin dan Kamis, dia akan terlatih dan terbiasa untuk menghindar dari perbuatan dan perasaan yang dapat berpotensi menjadi dosa atau mengurangi amalnya.

          1. Terhindar dari Godaan Setan dan Hawa Nafsu

    Menjalankan puasa Senin-Kamis juga dapat bermanfaat agar seseorang dapat terhindari dari godaan setan dan hawa nafsu. Setan merupakan makhluk yang membuat manusia tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya. Nah, salah satu manfaat bagi orang yang menjalankan puasa hari Senin dan Kamis adalah untuk menangkal dari segala bentuk godaan setan untuk membangkitkan hawa nafsu yang bisa menjerumuskan manusia ke dalam jurang maksiat dan dosa.

          1. Melatih Kedisiplinan

    Puasa Senin-Kamis pun dapat membuat seorang muslim dan muslimah terbiasa untuk bertindak disiplin dan selalu mawas diri supaya terhindar dari segala sesuatu yang membawa keburukan. Dengan berpuasa Senin-Kamis seseorang bisa membiasakan diri disiplin menahan hawa nafsu dan membersihkan perasaan dari sikap iri, dengki, dan lain sebagainya.

    Dalam menjalankan puasa tersebut, seorang muslim dan muslimah bakal menghabiskan waktunya untuk beribadah seperti shalat tepat waktu dan berjamaah, membaca al-quran, menyimak kajian tentang Islam, dan disiplin untuk senantiasa melaksanakan segala amal perbuatan yang baik dan diberkahi oleh Allah SWT.

          1. Menambah Amalan

      Leave a Comment

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      Scroll to Top
      Scroll to Top