Harut dan Marut Malaikat yang diAzab?

Harut dan Marut Malaikat yang Diazab?

Harut dan Marut Malaikat yang Diazab? Kisah Harut dan Marut terdapat dalam Al-Qur’an, tepatnya dalam Surah Al-Baqarah ayat 102. Berikut ini ayat lengkapnya:

وَاتَّبَعُوا مَا تَتْلُو الشَّيَاطِينُ عَلَى مُلْكِ سُلَيْمَانَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمَانُ وَلَكِنَّ الشَّيَاطِينَ كَفَرُوا يُعَلِّمُونَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ وَمَا يُعَلِّمَانِ مِنْ أَحَدٍ حَتَّى يَقُولَا إِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ

Artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir),  padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setan itulah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan: ‘Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir’. Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya.” (QS. Al-Baqarah: 102)

Siapakah Harut dan Marut itu?

Lalu siapakah sebetulnya Harut dan Marut itu? Betulkah Harut dan Marut Malaikat yang Diazab? Para mufassirin (ahli tafsir) berbeda pendapat tentang yang dimaksud dengan Harut dan Marut itu. Ada yang berpendapat bahwa mereka berdua betul-betul malaikat. Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa mereka orang yang dipandang shaleh seperti malaikat. Sebaliknya, ada yang berpendapat bahwa mereka dua orang jahat yang pura-pura shaleh seperti malaikat. Namun demikian, mayoritas dari mereka meyakini bahwa Harut dan Marut adalah betul-betul malaikat yang diutus oleh Allah ke negeri Babilonia (Babil).

Pendapat yang menyebut Harut dan Marut Malaikat

Mereka yang menyebut bahwa Harut dan Marut itu malaikat, didasarkan pada potongan teks ayat dalam QS. Al Baqarah; 102 :

وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ

“Dan dengan apa yang diturunkan kepada dua malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut.”

Kalangan ulama tabi’in, yaitu Qatadah dan Ibnu Syihab Az Zuhri pun meyakini hal itu. Keduanya menyebutkan:

كانا ملكين من الملائكة، فأهبطا ليحكما بين الناس

“Mereka berdua adalah malaikat. Mereka turun ke dunia untuk menegakkan hukum di tengah manusia.” (Tafsir Ath-Thabari, 2/420)

Sedangan Ibnu Zaid mengatakan:

الشياطين والملكان يعلمون الناس السحر

“Maksud ayat ini, setan-setan dan dua malaikat mengajarkan sihir kepada manusia.” (Tafsir Ath-Thabari, 2/420)

Pendapat yang menyebut Harut dan Marut Manusia

Sementara itu ulama yang mengatakan bahwa Harut dan Marut adalah manusia, di antara adalah Al-Qasimi. Beliau mengatakan:

والذي ذَهَب إليه الْمُحَقِّقُون أنَّ هَارُوت ومَارُوت كَانا رَجُلَين مُتَظَاهِرَين بالصَّلاح والتَّقْوى في بَابِل

“Pendapat yang dikuatkan pada ulama muhaqiq adalah bahwa Harut dan Marut adalah dua orang yang menunjukkan keshalehan dan ketakwaan di Babil.” (Tafsir Al-Qasimi, 210)

 

Pendapat yang Rajih

Namun demikian pendapat yang kuat (rajih), bahwa Harut dan Marut adalah malaikat. Sebagaimana dikatakan Syaikh Abdul Aziz bin Baz:

اختلف العلماء في هذا، والأظهر: أنهما ملكان نزلا ابتلاء وامتحانًا

“Para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Yang rajih, Harut dan Marut adalah dua malaikat yang turun untuk menguji dan mengetes manusia.” (Majmu’ Fatawa wal Maqalat Mutanawwi’ah, 8/115)

 

BACA JUGA : KITAB : TANDA TANDA HARI KIAMAT & BERBAGAI FITNAH (UJIAN) ; BAB : LAMANYA DAJJAL DI BUMI

Harut dan Marut Malaikat yang Diazab oleh Allah

 

Kisah yang Dianggap Cerita Israiliyyat

Harut dan Marut Malaikat yang Diazab? Berbeda dengan pendapat di atas, ada versi lain ada yang menyebut bahwa Harut dan Marut itu malaikat yang diazab oleh Allah. Yang menganggap Harut dan Marut itu dua malaikat yang tersesat atau diazab, terdapat versi cerita sebagai berikut: Dikisahkan, Harut dan Marut merupakan malaikat yang tengah diuji oleh Allah. Saat itu, malaikat tak setuju dengan penugasan orang saleh sebagai khalifah di muka bumi. Namun, orang saleh berbeda dari manusia kebanyakan, mereka dapat menahan nafsu sehingga dapat mengemban amanah sebagai khalifah bumi. Akan tetapi, malaikat berpendapat jikalau mereka diberikan nafsu, mereka akan dapat menahannya lebih baik dari manusia shaleh. Maka Allah pun memilih dua malaikat, yakni Harut dan Marut untuk menguji apa yang dikatakan para malaikat. Keduanya kemudian diberikan hawa nafsu, lalu diturunkan ke bumi. Saat baru tiba di bumi, keduanya melihat wanita cantik dan langsung terpesona. Tapi, wanita tersebut menolak ajakan berbuat maksiat. Si wanita pun menawarkan tiga hal kepada keduanya, menyembah berhala, membunuh bayi, atau meminum khamr. Harut dan Marut pun berpikir, “Menyembah berhala adalah perbuatan kufur, membunuh bayi merupakan dosa besar, sedangkan meminum khamar hanyalah dosa kecil,” pikir mereka. Maka mereka pun memilih untuk meminum khamr. Namun, setelah meminumnya mereka menjadi mabuk. Setelah kehilangan akal akibat mabuk, keduanya kemudian membunuh bayi dan menyembah berhala. Setelah melakukan ketiga dosa itu, mereka pun kemudian melakukan hal keji (atau berbuat mesum) dengan wanita itu. Harut dan Marut gagal, sifat kemalaikatan keduanya pun dicabut. Allah yang murka kepada keduanya pun memberikan pilihan kepada keduanya antara azab dunia atau azab akhirat. Karena azab dunia bersifat sementara, mereka memilih selamat dari azab akhirat. Keduanya pun kemudian digantung di langit Kota Babil hingga hari kiamat. Semenjak digantung, mereka mengajarkan sihir kepada manusia. Manusia yang ingin mempelajari sihir pun kemudian menuju Babilonia dan menemui mereka.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top